Bahaya mencantumkan nomor telpon dan alamat rumah di facebook

Bismillahirrohmairrohim….

met siang semuanya, dah beberapa hari aq g update post, kog rasanya pengen ngepost. sambil istirahat dan makan siang, mantabh…. hehehe.😉
kali ini kita membahas tentang facebook.

facebook.jpg

Berawal dari facebook baruku kau datang dengan cara tiba-tiba
bekas kekasieh yang telah lama hilang
Satu kekasih yang terbaik…..

Hehehe masie ingat kan penggalan lyrik lagu di atas..???
Tau donk pastinya..!!!
Yang tidak tau cari tau sendiri….hihihihihi

Lagu di atas sempat terjadi padaku kemarin, kalo ga salah tgl 10-01-2011.jam 16:30
yakni mantan pacarku.
Dia miscallin terus ke aq ada 5 kali lebih kalo g salah, tiap aku ankat di matiin…!! Sebel bgt aku jadinya. trus aku coba menghubungi nomer tersebut, tapi apa yang terjadi..????
Dia tidak mau ankat telpon dariku.
Makin sebel*bt jadinya, pengen aku maki2 aja dia..
kurang kerjaan bgt sich orang…(guman dalam hatiku)
Dan akhirnya aku sms ke nomor tanpa nama tersebut, dengan sopan.!

“ini dengan siapa, ada yang bisa kami bantu..????

Trus dia membalas

ni aq MELLY, anak palembang A3 blok C. Masie ingat kah,,,??

(MELLY= nama samaran)
Kaget aku di buatnya dan setengah tidak percaya. Seorang MELLY yang sudah berkeluarga masie sempat2nya m’ingat aku,
Trus aku balas lagi..

Oooh kamu……beneran ini MELLY “darimana kamu bisa dapat nomerku..????”

Dan dia menjawab.

“dari FACEBOOK.., Btw gmn kabarnya kak…???

aku jawab.

Alhamdulillah baik, u ndiri gmn baik2 ja kan, dah punya momongan belom..??

Diapun masie membalas.

baik…dan Alhamdulillah sudah..kakak gmn sudah punya calon belom..???

Sms terakhir tidak aku balas dan aku langsung matikan hpku, takut keterusan
Sayangnya tadak ada screnshot, soalnya aku pake hp ini. Ponsel.jpg
Stelah kejadian itu Langsung saja aku hapus smua nomorku dari facebook..
Bukan apa2 hanya saja males adja aku di sms or di telp orang yang tidak jelas asal usulnya. takut di kerjain
Hehehe curhat.com….;)

lansung saja kita ke intinya FACEBOOK
Siapa sich yang tidak kenal facebook..???
Aku yakin teman2 smua tau jejaring sosial yang satu ini, kakek nenek pun tau..hihihihi…. Bahkan negara indonesia termasuk salah satu pengguna FACEBOOK terbanyak di dunia pada urutan ke 3. Kereeen kan…..🙂

Facebook baru-baru ini mengumumkan akan memungkinkan para pengembang aplikasi bisa mengakses informasi nomor telepon dan alamat rumah Facebooker.

Khawatir langkah ini akan lebih membahayakan, pengguna Facebook pun disarankan untuk tidak mencantumkan nomor telepon dan alamat rumah di profil akun anda.

“Karena ini adalah informasi yang sensitif, facebook mengizinkan akses informasi alamat rumah dan nomor telepon pengguna. Izin ini diberikan pada aplikasi yang akan digunakan dan melalui standar perizinan Facebook,

” tulis Facebook dalam blognya.
Facebook menyebutkan, izin tersebut diberikan hanya untuk mengakses informasi alamat dan nomor telepon si pengguna, tidak termasuk alamat dan nomor telepon teman-teman dari si pengguna itu.”

Sebelum instalasi, apps atau aplikasi tersebut akan memberitahukan informasi apa saja yang nantinya akan diakses, termasuk di antaranya alamat rumah dan nomor telepon. Menanggapi hal ini, pemerhati keamanan internet dari Sophos,
Graham Cluley menyebutkan praktik
ini jelas berisiko meskipun informasi
itu hanya bisa diakses melalui izin si
penguna……🙂

“Para pelaku kejahatan dunia maya atau juga di sebut DEDEMIT MAYA sangat mungkin memanfaatkan informasi tersebut untuk mengirimkan SMS spam atau
menjualnya ke perusahaan periklanan
misalnya,

Maka dari itu, Sophos menyarankan agar Facebooker sebaiknya tidak mencantumkan alamat rumah dan nomor telepon mereka pada informasi profile pengguna facebook.

kejahatan terjadi bukan hanya adanya niat,
Tapi juga karna ada kesempatan..WASPADALAH… WASPADALA….

Semoga bermanfaat

Di post oleh HANYA AHMAD

11 Comments

  1. tp bro ada sisi positif nya juga looe, buat keluarga ama temen2 dulu, misal temen dr TK, SD dll, .. ..
    Udah lama gak ketemu trus gak ada NO.nya, .. ..
    Pengalamanku dari Facebook, akhirnya akuu bisa berkomunikasi dengan mereeka yang temen FB nya kan saling terkait, akkhirnya semua temen2 dr masa lalu terkumpul semuanya, bisa reuni an deh, heheheheh

    • bener juga sich… Tapi tdak mencamtumkan nope dan rumah itu tujuannya untuk meminimalisir hal2 yang tidak di inginkan..
      Seandenya kalo kita bener2 ketemu teman2 lama kita di facebook kan kita bisa minta padanya saat kita online… Ia kan…???
      Aku nulis artikel ini karna kemaren ada kasus kejahatan yang di mulai dari facebook.
      Dan itu terjadi pada temen saya….
      Laptop, 2(dua)hp, modem, hardisk, dan uang.. Raib di curi temen facebooknya…😦

silahkan komentar

